Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memastikan akan maju sebagai calon presiden pada pilpres tahun 2009. “Setelah mendekati pemilu tahun 2009, saya mempertimbangkan untuk  maju kembali, Insya Allah,  saya akan mencalonkan kembali sebagai capres tahun 2009,” kata Presiden saat berdialog  dengan wartawan kepresidenan di Istana Negara, Minggu (28/9) malam.

Presiden menjelaskan  alasan  untuk mencalonkan kembali sebagai presiden  adalah untuk menyelesaikan berbagai kebijakan yang telah dilakukannya sebagai Presiden. “Saya bersyukur sudah mendapatkan kesempatan untuk menuntaskan berbagai perbaikan dan perubahan yang telah saya lakukan,” kata Yudhoyono.

Presiden mengatakan  secara resmi  pencalonannya kembali sebagai presiden akan diumumkannya setelah pemilihan anggota  legislatif atau setelah bulan April 2009. Mengenai  siapa pasangan bila dirinya maju sebagai calon presiden, Yudhoyono mengatakan belum bisa memastikan  siapa pasangannya. Namun , sangat mungkin untuk berpasangan kembali dengan H Jusuf kalla.

“Ini kan masih akan  ada pemilu legislatif. Masih banyak terjadi perkembangan, dinamika di  Partai Golkar dan  dan di diri Pak JK (Jusuf Kalla, red) sendiri,” katanya. Hadir pada acara jumpa pers ini  sekitar 100 wartawan Istana. Para menteri  yang hadir adalah  Mensesneg Hatta Rajasa ,Sekkab Sudi Silalahi , Menteri Kominfo  Muhammad Nuh, dan  sejumlah staf khusus .